Fenomena Gerhana Matahari Total 2016


Gerhana matahari total (GMT) yang melanda sebagian wilayah di Indonesia pada 9 Maret 2016 dapat dijadikan momentum sebagai promosi wisata Indonesia. Hal ini mengingat bahwa GMT akan menarik perhatian fotografer, awak media, peneliti dan wisatawan bagi berbagai penjuru dunia termasuk wisatawan dalam negeri.

Untuk itu, dalam menyongsong terjadinya fenomena gerhana matahari total 2016 ini, Kementerian Pariwisata gencar melakukan promosi ke berbagai negara serta membenahi sarana menuju akses lokasi yang ideal untuk melihat terjadinya GMT.

Fenomena GMT ini akan terjadi di 12 provinsi di Indonesia yaitu Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Sumatera Barat. Durasi GMT yang paling lama diperkirakan terjadi di Kota Maba, Kab Halmahera Timur, Maluku Utara yakni 3 menit 17 detik. Namun tidak semua wilayah propinsi tersebut merupakan daerah yang akan mengalami kegelapan total.



Untuk itu Pemerintah pusat dan daerah, dalam hal ini dinas Pariwisata akan menyiapkan paket tur dengan menggabungkan GMT dengan wisata budaya dan kuliner. Sumatera Selatan mengadakan performace seni budaya dan kuliner GMT, glowing night run, ritual komunitas supranatural, festival lomba foto internasional. Bangka Belitung menggelar Belitung Photography Trip, Belitung Ultra Beach Run, Belitung Lantern Run, karnaval budaya, atraksi permainan tradisional, menyaksikan GMT secara massal di Pantai Terentang.

Kalimantan menyiapkan kuliner, fotografi, pentas budaya lokal, Balikpapan Borneo Travel Mart. Maluku Gala Dinner peserta GMT 2016, Run Eclipse 10 KM Total Eclipse. Sulawesi mengadakan Pawai Budaya Etnik Nusantara, Wonderful Total Solar Eclipse Concert, dan lain sebagainya.

Sumber: Gerhana Matahari Total Maret 2016

 

Related Post

2 comments

  1. wah, kayaknya kalau di jogja cuma dapat gerhana matahari sebagian :/ jadi pengen ke palembang liat gerhana matahari total sambil makan pempek khas sana ^_^

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *