Istana Kadriah Pontianak


Perjalanan saya di Pontianak selain mengunjungi Tugu Khatulistiwa, ada satu tempat yang menarik dan memiliki nilai sejarah. mungkin tak banyak pula yang tahu bahwa ada kesultanan di Pontianak. Di Pontianak, ada sebuah istana yang mulai didirikan pada tahun 1771. Pendirinya adalah Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri yang merupakan sultan pertama. Sempat mengalami renovasi oleh penerusnya, istana Kadriah kini masih terawat dengan baik.



Istana Kadriah adalah bangunan pusat pemerintahan kesultanan Pontianak yang terbuat dari kayu berwarna kuning terang dan sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh. Di bangunan Istana Kadriah terdapat berbagai peninggalan Sultan Pontianak, perhiasan, mahkota, benda-benda kuno dan peninggalan-peninggalan sejarah lainnya. Banyak wisatawan yang sering mengunjungi tempat ini saat musim liburan. Anda dapat menjumpai Istana Kadriah yang terletak di pusat kota Pontianak.

Sebenarnya kita bisa masuk ke dalam untuk melihat setiap bagian ruangan serta barang-barang peninggalan sultan. Sayangnya, pada saat kunjungan kali ini, istana sedang direnovasi. Jadi tidak dapat mengulas secara lengkap. Pengunjung hanya diizinkan mengambil foto dari halaman di depan istana. Sayang sekali.

Selain membangun istana, Sang Sultan juga membangun masjid, tak jauh dari istana. Namanya Masjid Jami’ Sultan Abdurrahman. Posisi masjid ini bisa ditarik garis lurus dengan pintu istana. Jaraknya hanya sekitar 200 meter. Dan sampai sekarang, masjid ini masih aktif digunakan oleh para jamaah untuk beribadah.

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *