Karang Bolong di Nusa Kambangan


Perjalanan selanjutnya setelah melihat Benteng Pendem di Pulau Nusa Kambangan, kali ini melihat karang bolong. Karang blong di pulau Nusa Kambangan berbeda dengan Pantai Karangbolong yang landai dan merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Namun merupakan pantai curam dan terjal dengan sebuah karang besar yang berlubang karena hantaman ombak pantai selatan.

Perjalanan menuju ke karang bolong di pulau Nusa Kambangan ini juga melewati semacam sebuah pintu gerbang hanya saja tidak terlalu besar, semacam pos pengawasan. Di tepi pantai yang sangat curam terlihatlah lautan lepas yang sangat biru dan beberapa perahu nelayan yang mencari ikan, di bawah pantai yang curam inilah terdapat sebuah karang yang berdiri dengan kokoh menahan hantaman ombak dan gelombang laut selatan jawa yang tak henti-henti menerjangnya. Karang inilah yang dinamakan karang bolong.

Diatas karang tersebut konon katanya tumbuh bunga Wijaya Kusuma. Sebenarnya banyak sekali legenda mengenai bunga Wijaya Kusuma ini, salah satunya adalah bunga tersebut hanya tumbuh di Nusa Kambangan dan hanya dapat dilihat orang-orang tertentu saja.



Bunga tersebut juga merupakan simbol kemenangan bagi kerajaan pada zaman dahulu dan bunga Wijaya Kusuma yang ada di Nusa Kambangan berwarna putih. Banyak sekali legenda-legenda tentang bunga tersebut yang beredar di masyarakat tentang bunga wijaya kusuma.

 

Karang Bolong di Nusa Kambangan – Wisatasiana

 

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *