Andalan Pariwisata Kota Pekalongan


PEKALONGAN, sebuah kota di  pantura pulau jawa yang berjarak 101 km sebelah barat Semarang, ibu kota propinsi Jawa Tengah. Pekalongan dikenal dengan julukan kota batik, yang telah mendapat pengakuan UNESCO sebagai kota kreatif dunia dalam kategori Crafts &Folk Art dengan gelar World’s city of Batik. Pekalongan mempunyai sebutan lain sebagai kota Santri, dengan berbagai tradisi masyarakat dalam memperingati hari besar agama islam dan kegiatan lainnya seperti Syawalan, kliwonan, Pengajian Rutin, Malam Nisfu Syaban, Sedekah Bumi, dan masih banyak lainnya.

Batik Pekalongan memiliki corak dan variasi yang khas batik pesisir dengan perpaduan budaya jawa, china dan arab seperti yang ada dalam corak batik Humas dan batik Jlamprang. Pekalongan juga dikenal sebagai penghasil kain sarung dengan merk yang sudah mendunia seperti sarung Gajah Duduk dan Wadimoor. Di dalam Kota terdapat Museum Batik Indonesia dengan koleksi Batik dari seluruh Dunia, Kampung Wisata Batik (Kampoeng Batik Kauman, Batik Pesindon, ATBM Medono).

Pariwisata Pekalongan menawarkan beberapa pantai di pesisir utara laut jawa yang menjadi objek wisata yaitu Pantai Slamaran Indah, Pantai Pasir Kencana, dan Pantai Sunter Depok. Makam Habib Ahmad Bin Abdullah Bin Tholib Al Atas juga merupakan magnet bagi yang melakukan ziarah dan dikunjungi ribuan orang tiap tahunnya.

Sisi sebelah selatan Pekalongan adalah wilayah penghasil durian, dengan citarasa yang sangat khas, dan pada awal tahun Desa Wisata Lolong selalu mengadakan festival durian, dan ini adalah surga bagi pecinta durian. Lolong adalah sebuah tempat historis yang mengilhami sebuah lagu dengan judul yang sama karya penyanyi Ebiet G Ade.



Baca juga: Menikmati Sunrise di Puncak Gunung Ungaran

Bagian lain juga terdapat daerah wisata pegunungan Linggo Asri, terletak 37 km sebelah selatan Kota Pekalongan arah Kajen (dari jalan Jakarta-Semarang pertigaan Wiradesa ke selatan atau dari kota Pekalongan arah Buaran), dimana daerah tersebut terdapat pemandian air panas dan taman bermain serta wisata hutan pinus milik Perum Perhutani. Disini terdapat peninggalan zaman megalitikum berupa lingga dan yoni yang terletak sekitar 500 meter dari kompleks pemandian Linggo Asri.

Kecamatan Petungkriyono, sebuah kecamatan di Kabupaten Pekalongan, dalam rimbunan hutan jawa merupakan surga kecil bagian dari kawasan Dataran Tinggi Dieng. Disana terdapat beberapa puncak pegunungan, air terjun (curug), dan ternyata di Pulau Jawa masih terdapat hutan yang asri dan alami dengan vegetasinya di kawasan ini.

 

Kota Pekalongan – Wisatania

Related Post

2 comments

  1. Batik pekalongan begitu hangat ditelinga. Ternyata masih ada destinasi wisata yang lain. Mantap dah.
    Sepertinya, usaha dibidang pariwisata jaman sekarang memang menjanjikan. Terimakasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *