4 Bagian Taman Sari Keraton Yogyakarta

Obyek wisata yang berada di pusat kota Yogyakarta ini bernama Taman Sari yang merupakan kebun milik Keraton. Tempat yang masih menyisakan keindahan tiada tara ini sudah ada sejak zaman Sri Sultan Hamengku Buwono pertama.

Taman Sari Keraton Yogyakarta

Taman Sari Keraton Yogyakarta

Lahan yang dulunya sangat luas membentang dari kompleks Kedhaton sampai kompleks Magangan (sekitar 10 hektar), kini hanya tersisa sebagian saja. Dan anda dapat mengunjungi sisanya yang terletak di wilayah Ngasem, Yogyakarta.

4 Bagian Taman Sari

Secara umum, destinasi wisata Taman Sari Keraton yang juga merupakan salah satu andalan wisata Yogyakarta ini, terbagi menjadi empat bagian. Keempat bagian dari Taman Sari ini menunjukkan sisa-sisa keindahan sebuah taman kerajaan Mataram. Jika anda berkunjung ke sini, pasti sepakat bahwa dulunya lokasi ini pasti terlihat indah dan menawan.

Anda pasti membayangkan bahwa dulu di tempat tersebut bagaikan kolam pemandian dengan air terjun kecil yang mengalir Di bagian kanan dan kiri lalu di tengahnya terdapat air mancur.

Adapun pembagiannya adalah sebagai berikut:

  • Bagian pertama: Segaran, yaitu sebuah danau buatan di sebelah barat. Di tempat ini ada 2 pulau buatan yang bernama Pulo Kenongo dan Pulo Cemethi.
  • Bagian kedua. Yaitu tempat yang masih utuh dan paling banyak dikunjungi di Taman Sari Keraton Yogyakarta ini. Ada yang dinamakan Gedhong Gapura Hageng, Gedhong Lopak-lopak, Umbul Pasiraman, Gedhong Temanten, Gapuro Panggung dan Gedhong Sekawan.
  • Bagian ketiga: Pasarean Dalem Ledok Sari dan komplek kolam Garjitawati.
  • Bagian keempat. Merupakan bagian yang hanya tinggal sisa-sisa keindahan Taman Sari Keraton ini. Yang masih dapat anda lihat hanyalah keberadaan jembatan gantung.

Jika anda tertarik ke tempat ini, panduannya cukup mudah. Silakan cari pasar burung Ngasem lalu belok ke kiri. Jika anda berjalan dari arah Pasar Beringharjo di Malioboro, maka saat tiba di alun-alun utara (depan keraton Yogyakarta), ambillah jalan ke kanan.

Ikuti saja jalan tersebut hingga ke pasar Ngasem. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti panduan menuju lokasi Taman Sari seperti yang tertera di peta berikut ini.

 

4 Bagian Taman Sari Keraton Yogyakarta

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: