About Me

Wisatasiana merupakan blog yang membahas catatan ringan perjalanan wisata (traveling) yang dilakukan oleh admin maupun dari traveler lain yang dikumpulkan dari beberapa sumber, serta memberikan serba-serbi informasi yang berkaitan dengan dunia pariwisata secara umum.

Melakukan perjalanan wisata (travelling) merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain menjadi refreshing, terkadang juga menemukan informasi dan pengetahuan serta pengalaman-pengalaman menarik yang tidak terlupakan seumur hidup, baik itu dalam perjalanan maupun tiba di destinasi wisata.

Blog ini mengangkat perjalanan wisata dan serba-serbi tentang pariwisata yang didapat dari berbagai sumber sebagai referensi, maupun bahan bacaan dalam menghabiskan waktu luang.

Untuk itu, dibuatlah DISCLAIMER dan PRIVACY POLICY sebagai pendukung mengelola blog WisataSiana ini.

Sekilas tentang pariwisata

Pariwisata berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari suku kata “pari” berarti berkeliling atau bersama, dan  “wisata” berarti perjalanan.

Jadi secara umum pengertian pariwisata berarti perjalanan keliling dari suatu tempat ke tempat lain. Oleh karena itu pariwisata sangat luas lingkupnya, bisa tentang transportasi, akomodasi, lokasi, biaya dan lain sebagainya.

Pariwisata berbeda makna dengan Kepariwisataan. Kepariwisataan lebih cenderung ke Tourism yang mengacu pada suatu pengertian konseptual yang berkaitan dengan pengertian tour. Kata tour sendiri mengacu pada pengertian yang lebih teknis tentang salah satu bentuk kegiatan manusia.

Adapun wisatawan menurut definisi International Union of Travel Organization (IUOTO) adalah :

  • Visitor (pengunjung) : seseorang yang melakukan perjalanan ke suatu Negara yang bukan Negara tempat ia tinggal, karena suatu alasan yang bukan pekerjaannya sehari-hari.
  • Tourist (wisatawan) : pengunjung yang tinggal sementara di suatu tempat paling sedikit 24 jam di negara yang dikunjungi dengan motivasi perjalanannya adalah: (1) Berhibur (bersenang-senang, liburan, kesehatan, studi, alasan keagamaan dan olahraga); (2)Berdagang,, kunjungan keluarga, misi dan pertemuan-pertemuan.
  • Excursionist (pelancong) : pengunjung sementara di suatu negara tanpa menginap.

Blog ini independen dan tidak terikat pada perusahaan travel maupun lainnya.

 

Salam

wisatasiana

%d blogger menyukai ini: