Air Terjun Langka di Pantai Jogan Yogyakarta

Fenomena yang langka telah terjadi di pantai Jogan yang ada di wilayah Yogyakarta. Kombinasi antara keindahan sebuah air terjun yang mengalir dan jatuh ke laut bebas dengan bebatuan karang eksotis di bawahnya. Sebagai salah satu obyek terbaik di Jogja khususnya wisata yang terletak di gunung kidul, pantai ini cukup menyedot jumlah pengunjung yang tertarik dengan keberadaan fenomena yang terjadi di Jogan yang hanya ada di beberapa tempat saja di dunia.

Air Terjun Pantai Jogan Yogyakarta

Air Terjun Pantai Jogan Yogyakarta

Untuk mencapai wisata alam Pantai Jogan, perjalanan yang anda lakukan cukup mudah. Tempat wisata ini berada di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jika anda mengendarai mobil dan berangkat dari pusat kota misalnya dari wilayah Beringharjo maka arahkan mobil anda ke wilayah Wonosari. Waktu tempuh jika tidak macet, sekitar 1,5 hingga 2 jam saja.

Keindahan air terjun yang mengalir sebenarnya bersumber dari sungai yang berada di perbukitan karst. Berbeda dengan Air Terjun Gitgit di Singaraja Bali. Jika saat musim penghujan, debit air cukup besar tetapi keruh. Sedangkan jika anda berkunjung ke pantai Jogan ini di musim kemarau, maka debit air yang terjun ke laut menjadi kecil. Inipun mengurangi keindahannya.

Jadi, saat yang tepat untuk berkunjung ke pantai yang indah ini adalah saat peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Pastikan beberapa hari sebelum anda berkunjung, hujan tidak turun di wilayah Jogja.

Sebagai pantai tersembunyi, mencapai karang di dasar Jogan cukup sulit seperti . Anda harus meniti tangga kayu yang dibuat oleh masyarakat setempat sebagai jalan untuk mengambil anak kepiting yang jumlahnya ribuan dibalik karang.

Tetapi karena ada saja wisatawan yang datang ke tempat ini, maka titian tangga tersebut menjadi jalur yang digunakan oleh pengunjung. Bagi fotografer yang suka memotret panorama alam, rasanya perlu mengambil sudut angle dari bawah air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter ini. Sebaiknya anda berhati-hati karena tangga ini cukup licin.

Hingga saat ini, di wilayah sekitar destinasi wisata pantai Jogan Jogja ini belum didirikan sarana akomodasi seperti hotel. Wilayah ini tergolong baru dieksplorasi sehingga sarana umum juga masih belum tersedia. Walaupun demikian, tidak salah jika anda tetap berkunjung dan berfoto di air terjun yang unik ini. Apalagi lokasinya yang di tepi laut seperti ini sangat langka di dunia.

Dan untuk mempermudah pencarian obyek wisata indah ini silakan cek melalui google map berikut ini.

 

Air Terjun Langka di Pantai Jogan Yogyakarta

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: