War Memorial Park Cu Chi Tunnels Saigon Vietnam


Jika berwisata ke Saigon Vietnam, sebaiknya mencari Sinh Cafe Tour and Travel, di Dethan Street. karena memiliki paket travel dan tour yang murah meriah dan banyak backpacker yang merekomendasikan travel ini. Dan kami pun memilih ke Chu Chi Tunnel (Di baca: Guchi) dan keliling kota Saigon

Saat ini Cu Chi Tunnels diubah oleh pemerintah Vietnam menjadi war memorial park yang bisa dijadikan salah satu tempat wisata bagi para wisatawan yang datang ke Saigon. Di sini akan diperlihatkan bagaimana para warga Cu Chi dahulu hidup di kedalaman 8 meter dalam tanah, hingga mereka mendapat sumber mata air di kedalaman 10 meter dalam tanah.

Hidup di Bawah Tanah

Kehidupan Warga Chu Chi dulu, (maaf) seperti tikus.  Seluruh aktifitas kehidupan mereka habiskan dalam bawah tanah. Bayangkan.. Makan, masak, tidur mereka lakukan dalam tanah.  Mereka membuat ventilasi dari bambu-bambu kecil yang mereka pasang di atas, dan mereka samarkan ventilasi tersebut hingga terlihat seperti akar pohon.

Mereka pun memiliki rumah sakit, yang juga mereka buat dalam tanah. Luar biasa. Ini sudah pasti lebih dari kata ‘gerilya’.



Tak heran tentara Amerika saat itu sangat sulit dan lama mengalahkan warga Cu Chi, karena desa Chi Ci ini sekilas seperti daerah tanpa penghuni. Warga Cu Chi membuat banyak jebakan maut dan banyak tentara Amerika tewas dalam jebakan-jebakan tersebut. Itulah cara mereka mengelabui Tentara Amerika.

Setelah melihat Desa Cu Chi, kami pun berkesempatan untuk melihat beberapa gedung bersejarah di kota Saigon.  Saigon (Ho Chi Minh) merupakan kota terbesar di selatan negara Vietnam setelah ibu kotanya Hanoi. Kota bersejarah ini merupakan bekas jajahan kolonial Prancis. Jadi tidak heran bila bangunan-bangunan tuanya banyak yang bergaya Eropa.

Beberapa tempat menarik di Saigon Vietnam selatan:

  • War Remnant Museum terletak di 28 Vo Van Tanh Street, District 3, Ho Chi Minh City (HCMC). Berbagai macam koleksi peninggalan selama Perang Vietnam dan Perang Indo-China I, yang mana ketika itu Vietnam berhadapan dengan colonial Perancis.
  • Reunification Palace terletak di 135 Nam Ky Khoi Nghia Street.  Gedung ini juga dikenal dengan nama Independence Palace, bekas istana kepresidenan Negara Vietnam Selatan sebelum bersatu pada tahun 1975.
  • Saigon Central Post Office terletak di pusat kota Saigon dan berdekatan dengan Saigon Notre-Dame Basilica. Bangunan ini peninggalan sejarah saat Vietnam selatan masih menjadi bagian dari French Indo-China, dibangun pada akhir abad ke-19.
  • Ben Thanh Market yang terletak di District 1 Ho Chi Minh City (HCMC), Vietnam. Tempat ini merupakan kawasan pasar terbesar dan tertua yang ada sejak abad ke-17 di Saigon dengan nama lokalnya Cho Ben Thanh dengan ciri khas Clock Tower di bagian pintu masuk.
  • Selain itu ada bangunan religius seperti: Saigon Notre-Dame Basilica  sebuah gereja yang dibangun pada tahun 1863 hingga 1880, Giac Lam Pagoda sebuah kuil yang dibangun pada tahun 1744, Saigon Central Mosque sebuah masjid yang dibangun pada tahun 1935.

Setelah puas melihat kota Saigon yang sebelumnya punya kenangan pahit, kami kembali berjalan mencari dan bernego di beberapa guest house yang menawarkan kamar murah. Syukurlah kami mendapat kamar dengan harga $7 semalam, cukup nyaman dan bersih.

 

War Memorial Park Cu Chi Tunnels

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *