Objek Wisata Bersejarah di Tegal


Tegal merupakan daerah yang berada di Jawa Tengah. Kesenian dan budaya Kota Tegal juga terbilang cukup pesat perkembangannya. Kesenian berupa tari endel, sintren, dan balo-balo menjadi salah satu khas kota Tegal. Tak heran jika kota Tegal seringkali dikunjungi oleh budayawan nasional maupun lokal.

Meski tidak begitu besar wilayahnya, ternyata Tegal memiliki beberapa objek wisata bersejarah, yang mana tak sedikit orang yang datang ke kota ini untuk sekedar berlibur bersama keluarga maupun rekan kerja. Berikut adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga dan dapat menghilangkan kelelahan Anda setelah berhari-hari bekerja.

Taman Wisata Air Panas Guci

Taman wisata ini tepat berada di lereng Gunung Slamet yang memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl. Untuk menuju ke tempat wisata ini hanya membutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan.

Suasananya tidak jauh dari pemandian air panas Ciater, yang mana air yang mengalir begitu jernih dan terdapat kabut putih yaitu uap air yang muncul di permukaan. Meskipun udara di pegunungan tentunya sangatlah dingin, namun air panas yang dihasilkan cukup membuat hangat suasana.

Di Guci ini Anda juga dapat menyewa villa yang cukup nyaman untuk Anda dan keluarga. Yang mana villa di sini sederhana namun memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tentu harganya juga menyesuaikan. Untuk menghindari penuhnya penyewaan villa, Anda dapat booking terlebih dahulu di jauh-jauh hari melalui Traveloka yang melayani penjualan tiket pesawat dan juga booking hotel maupun tempat penginapan lainnya.

Sumber Gambar : WordPress.com

Bahkan sebagian besar warga mengatakan bahwa jika Anda mandi di pemandian air panas ini akan menyembuhkan beberapa penyakit dan membuat Anda lebih awet muda.

Ada pun beberapa air terjun di kawasan Guci ini, salah ialah Air Terjun Jedor, yang mana air terjun ini cukup populer. Dulunya air terjun ini dimiliki oleh seorang luring yang bernama Jedor, sehingga tak heran jika air terjun ini dikenal sebagai Air Terjun Jedor.

Ada pula yang mengatakan Air Panas Guci ini adalah berkah dari Walisongo kepada utusan mereka karena telah menyebarkan ajaran Islam ke sekitar Tegal. Namun menurut kepercayaan masyarakat setempat, air itu konon hanya mengalir di waktu-waktu tertentu, terutama pada saat jumat kliwon.

Gunung Tanjung



Gunung Tanjung ini seringkali dikenal sebagai Bukit Sitanjung, yang mana objek wisata ini merupakan sebuah kawasan perbukitan di Kecamatan Lebaksiu. Pastinya Anda akan mengagumi keindahan alamnya yang memesona saat melihatnya dari jauh maupun dekat.

Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung dan memiliki nyali yang cukup tinggi. Keindahan alamnya tidak akan membuat Anda menyesal untuk mendaki hingga puncak karena dari atas Anda dapat melihat hamparan sawah yang begitu indah.

Jangan khawatir, di sekitar perbukitan terdapat temat makan yang dapat mengisi perut Anda selama perjalanan. Kebanyakan menjual hidangan makanan berupa ikan, martabak, dan lainnya. Tentu akan membuat Anda puas dengan cita rasa khas Tegal.

Kali Gung

Adapun sungai yang mengalir sepanjang Gunung Tanjung yaitu Kali Gung yang mana aliran sungai ini juga melewati Jembatan Sunglon. Air yang mengalir juga begitu jernih dan deras sehingga Anda harus berhati-hati jika mendekati sungai.

Area sungai ini sangatlah bersih, tidak ada sampah yang tersebar sehingga jika Anda mengunjungi tempat wisata ini dianjurkan untuk menjaga kebersihannya.

Sumber Gambar : Panoramio.com

Curug Putri

Selain pegunungan dan sungai, tentunya Tegal juga memiliki air terjun yang cukup populer di kalangan masyarakat, yaitu Curug Putri. Curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter. Tidak heran jika curug ini cukup ramai pada saat waktu liburan karena pemandangannya yang cukup eksotis dan begitu indah menjadi salah satu daya tarik para wisatawan.

Di curug ini Anda dapat menikmati keindahan alam sambil menikmati kesegaran airnya. Untuk mencapai ke lokasi tidak membutuhkan waktu lama jika Anda berangkat dari pusat Tegal.

Sumber Gambar : WordPress.com

 

Objek Wisata Bersejarah di Tegal – Wisatasiana

Related Post

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *