Traveling atau Travelling, Mana yang Benar?

Awalnya saya bingung, menulis kata Traveling atau Travelling sebagai sebuah kategori untuk artikel-artikel perjalanan wisata. Bukan sok keinggris-inggrisan (padahal memang nggak ngerti) tetapi agar lebih singkat atau praktis saja. Panjang juga jika menggunakan kategori “perjalanan wisata dalam negeri” atau “bepergian wisata mancanegara”.

Traveling atau Travelling

Pengertian Traveling

Secara umum pengertian traveling (travelling) adalah sedang melakukan perjalanan dari tempat asal ke tempat lainnya. Kata dasarnya travel yang artinya perjalanan atau bepergian yaitu tindakan pergi dari satu tempat ke tempat lain. Umumnya istilah travel sering dikaitkan dengan wisata.

Istilah travel berasal dari kata Perancis kuno “travil”  yang berarti “penderitaan atau usaha yang menyakitkan” atau “masalah” seperti dalam perjalanan jarak jauh dengan kendaraan (kereta kuda) yang tertutup pada waktu itu.

Dengan demikian jika kamu pergi dari satu tempat ke tempat lain, kamu sedang traveling atau bepergian. Orang-orang suka bepergian untuk melihat tempat-tempat baru dan mengalami budaya yang berbeda. Ketika orang bepergian, mereka tidak hanya bergerak di sekitar lokasi, melainkan sedang dalam perjalanan ke tempat lain yang jauh.

Traveling atau Travelling

Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa awalnya saya bingung antara kata “Traveling” dengan “Travelling”. Mana yang benar?

Ternyata, setelah browsing ke sana-sini, TIDAK ADA perbedaan di antara kedua kata tersebut. Artinya sama dan boleh menggunakan istilah kedua tersebut dan itu benar. Tidak salah ejaannya.

Traveling (dengan hufur el satu) merupakan ejaan American English, sedangkan Travelling (dengan dobel huruf el) merupakan ejaan British English. Perbedaannya hanya itu. Seperti halnya kata “color” dengan kata “colour”, “behavior – behaviour”, “humor – humour”,dan lain sebagainya.

Bagi yang menggunakan kata ‘traveling’ atau  kata ‘travelling’ untuk menerjemahkan kata bepergian atau perjalanan dalam bahasa inggris, silahkan.

Penggunaan istilah travelling atau traveling tergantung di mana audiens berada. Traveling adalah ejaan yang disukai di AS sedangkan Travelling adalah ejaan yang disukai di Inggris atau di Persemakmuran. Jadi perbedaan antara travelling atau traveling sebenarnya adalah variasi dialek. Kedua ejaan itu benar.

 

Penggunaan kata Traveling atau Travelling

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: