Jalan Braga, Ikon Kota Bandung yang Terukir Sejarah Berwarna

Tahukah anda bahwa jalan Braga memiliki berbagai sejarah yang terukir baik kelam maupun yang baik? Hal ini memberikan warna yang beragam sehingga tercermin pada kondisi sekarang. Di masa lalu, wilayah ini dikenal sebagai “jalan culik” karena rawan terjadi penculikan. Tetapi seiring berjalannya waktu, kondisi sepi yang mencekam berangsur menjadi ramai pada awal tahun 1900. Di sini mulailah didirikan toko, bar maupun tempat hiburan oleh pengusaha berkebangsaan Belanda.

Jalan Braga, Ikon Kota Bandung

Jalan Braga, Ikon Kota Bandung

Mulai tahun 1920, jalan Braga ramai dengan pertokoan yang menjadi tren setter fashion di wilayah tersebut. Karena tempat ini cukup populer kala itu, banyak juga yang “menjajakan cinta” sehingga didirikan tempat hiburan malam dan hotel untuk menikmati romantisme sesaat. Inilah yang membuat sejarah kawasan ini begitu berwarna.

Sejarah jalan Braga tersebut menjadi cerminan keragaman yang terjadi sekarang. Walaupun tidak ditemukan lagi kehidupan “menjual cinta sesaat”, tetapi di tempat ini masih banyak ditemukan hotel, toko-toko fashion (butik) dan resto yang menyediakan kuliner yang lezat, baik makanan ala luar negeri maupun makanan tradisional, serta bar dan hiburan lainya.

Yang menarik, lokasi ini masih mempertahankan keaslian arsitektur gedung seperti di masa lalu. Kalaupun ada pemugaran, lebih kepada perbaikan kondisi dinding agar lebih kuat tetapi bentuk tidak dirubah. Kondisi ini membuat jalan Braga menjadi destinasi wisata bagi turis Eropa (khususnya dari Belanda) maupun wisatawan domestik.

Tidak hanya orang tua saja yang menyukai kondisi wilayah ini. Bagi kaum muda, tempat ini terlihat sangat romantis. Banyak sekali pasangan muda yang berfoto, berbelanja di butik dan mal, maupun hangout sambil nonton pentas tari maupun musik di jalan Braga ini.

Apalagi di tempat ini juga ada beberapa orang seniman lukis yang siap mengabadikan kemesraan para pengunjung dan menuangkan ke dalam kanvas. Yang menarik, pada beberapa bagian dalam gedung di wilayah Braga, sering dijadikan lokasi foto pre wedding yang menonjolkan kesan kota tua seperti yang ada di Jakarta.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat yang romantis, penuh dengan kenangan sejarah yang masih terukir dan ragam kehidupan malam yang berwarna di Bandung, datanglah ke jalan Braga. Saran terbaik adalah mengunjungi tempat ini saat diadakan festival Culinary night yang berlangsung rutin setiap tahun.

Gunakan panduan peta yang kami berikan di bawah ini untuk mempermudah perjalanan anda.

 

Jalan Braga, Ikon Kota Bandung

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: