Keindahan Alam Pantai Lampuuk Aceh yang Mempesona


Keindahan Alam Pantai Lampuuk Aceh yang Mempesona. Saat mengunjungi Banda Aceh kami jalan-jalan ke Pantai Lampuuk yang perjalanannya bisa ditempuh kurang lebih satu jam dari kota Banda Aceh. Mobil pun berputar haluan mengarah ke Pantai Lampuuk. Perjalanan yang kami lewati dari Banda Aceh menuju pantai Lampuuk sungguh menyenangkan, hamparan pohon kelapa dan pinus, jalan aspal yang mulus, hamparan sawah yang hijau, belum lagi pemandangan pegunungannya, menambah keindahan alam.

Satu jam kemudian sampailah kami di satu pantai, Jujur, saya sendiri baru mendengar nama pantai tersebut. Lokasinya berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Pantai itu berada di jalur Banda Aceh Calang (Aceh Jaya). Pantai ini memang menjadi tujuan rekreasi masyarakat Aceh. Kami memasuki gerbang pantai, kemudian membayar karcis untuk pengunjung.

Pantai Lampuuk Aceh yang Mempesona

Mendekati bibir pantai, terlihat kilau air laut dari pantulan sinar matahari yang kebetulan siang itu cuaca cukup cerah dan terik. Tak ada aba-aba kami berteriak, kereen bangeet..!! selembar surga ada di tanah Aceh. Pantai Lampuuk sangat bersih dengan warna biru muda air lautnya, agak sedikit kesana, warna airnya biru tua. Ombaknya tidak tinggi, sehingga pengunjung bisa leluasa mandi di sana, terutama anak-anak.

Setelah puas duduk-duduk di saung-saung yang telah disediakan dan menikmati jajanan yang dijajakan penjual makanan, kami pun berpindah tempat, ke sebuah tempat yang lebih indah menurut kami, namun masih di pantai Lampuuk. Tempat ini sepi, beda dengan pantai yang biasanya menjadi tempat masuk warga Aceh untuk rekreasi.



Baca juga: Siapa Bilang Danau Toba Itu Jelek

Bagaimana tidak, lokasinya memang bikin kita berdecak kagum, indah sekali, ketika masuk ke lokasi tersebut ada gunung-gunung karang tinggi dengan pepohonan rindang menghiasinya. Lantas dibuat beberapa penginapan yang seolah-olah menempel di dinding gunung batu tersebut. Ada juga sebuah muara atau semacam danau air payau dengan dilengkapi jembatan untuk berjalan kaki menuju penginapan yang ada di tengah-tengah danau payau tersebut. Kalau dilihat lokasinya danau itu lumayan jauh dari bibir pantai, karena konon terbentuknya danau payau tersebut pada saat terjadinya Tsunami, air laut yang masuk ke daratan, menyisakan celukan dan genangan air yang luas yang akhirnya menjadi danau air payau yang bening dikelilingi pohon-pohon pinus yang semakin menambah cantik suasana alamnya.

Pastinya berada di alam nan cantik ini tidak kami sia-siakan, kami bertiga puas berfoto-foto mengabadikan momen keberadaan kami di Pantai Lampuuk. Deburan dan hembusan ombak pun begitu terasa ketika kami sedang mengabadikan momen. Ombaknya cukup tinggi dengan pembatas tebing batu yang tinggi dari gunung batu tadi. Puas berkeliling dan foto-foto kami menuju sebuah saung dan menikmati segarnya kelapa muda. Sekaligus mengakhiri kegiatan kami di Pantai Lampuuk Aceh yang akan selalu kami rindukan keindahannya.

 

Wisatasiana – Keindahan Alam Pantai Lampuuk Aceh yang Mempesona

Related Post

4 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *