Tips Bermain Selancar Bagi Pemula

Bagi anda yang ingin berlibur ke Bali maupun beberapa pantai di bagian selatan pulau Jawa dan Sumatera, rasanya perlu mencoba melakukan olahraga selancar atau surfing. Keasyikan permainan ini layak dicoba, apalagi kegiatan ini sudah mendunia dan rasanya penggemarnya tidak kunjung surut. Tips surfing bagi pemula yang ingin kami bagikan ini semoga dapat membantu anda untuk belajar dan persiapan untuk kegiatan watersport, seperti yang populer di Bali.

Tips Bermain Selancar

Tips Bermain Selancar Bagi Pemula

Selancar atau surfing merupakan sebuah olahraga air yang biasanya berlangsung di atas ombak air dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak yang tinggi. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar.

Olahraga selancar ini awalnya mulai berkembang sekitar tahun 1960-an di Amerika. tepatnya di Hawaii. Hawaii merupakan negara yang memiliki ombak panjang yang pecah bertahap sehingga sangat cocok digunakan untuk olahraga selancar surfing ini

Tips terbaik untuk melakukan selancar di pantai yaitu:

  • Pilihlah papan yang panjang dan lebar. Ini akan membantu anda agar dapat berdiri di atas papan surfing.
  • Carilah ombak yang bergulung dan cukup besar.
  • Posisi terbaik adalah meluncur di depan ombak yang bergulung tersebut. Jangan berbarengan (di atas ombak) dan hindari ombak pecah.
  • Tekan kaki ke kanan atau ke kiri. Tips ini untuk mengendalikan papan selancar untuk berbelok seperti yang anda inginkan.
  • Jika ingin loncat (jumping), silakan tekan bagian belakang papan selancar. Atraksi ini sebaiknya dilakukan saat ombak masih bergulung bukan pecah.
  • Sebaiknya pilih-pilih ombak, jangan semuanya diterjang. Ingat, olahraga surfing ini sangat melelahkan, apalagi saat pertama kali meluncur di depan ombak.
  • Jika ingin kembali ke tengah laut, sebaiknya anda berenang di bawah ombak yang pecah, jangan dihadapi karena dapat menghempas tubuh anda.

Demikianlah tips yang berguna bagi pemula yang ingin belajar bermain selancar di pantai. Jika anda berlibur di Bali, maka pantai-pantai yang terletak di bagian selatan Bali merupakan tempat yang asyik untuk berolahraga surfing.

 

Tips Bermain Selancar Bagi Pemula

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: