Persiapan Sebelum Melakukan Watersport

Beberapa pantai di Indonesia dikenal dengan keberadaan watersport yang cukup lengkap dan disukai oleh wisatawan. Di pulau Bali ada Tanjung Benoa, di Banten ada di pantai Anyer dan Carita, serta beberapa pantai yang ada di kepulauan Seribu. Permainan watersport yang menyenangkan dan menghibur ini cukup berkembang di negara kita.

Persiapan Sebelum Melakukan Watersport

Watersport merupakan salah satu aktivitas liburan seru yang diminati wisatawan Indonesia saat berlibur. Apakah watersports itu? Secara umum pengertian watersports adalah permainan atau olah raga air. Permainan olahraga ini dapat dilakukan di permukaan air, ada juga di dalam/bawah air. Sering kali watersports dilakukan di laut, namun juga dapat dilakukan di danau atau berlokasi di sungai.

Beberapa watersport yang sering dimainkan, antara lain: Flyboard, Flying Fish, Rolling Donut, Banana Boat, Sea Walker, Parasailing, Snorkeling, Wakeboarding, Jet Ski, Scuba Diving.

Namun sebelum anda bermain dengan watersport atau olahraga air tersebut, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Kesehatan tubuh harus fit dan prima.
  • Pada beberapa permainan menantang, anda perlu didampingi yang ahli. Apalagi jika belum pernah menggunakannya.
  • Bawalah baju ganti yang lengkap. Karena sudah dapat dipastikan bahwa anda akan berbasah-basah ria.
  • Khusus jet sky di pantai Benoa Bali, anda tidak diperkenankan mengemudikannya sendiri maupun berdua dengan pasangan anda. Beda dengan yang di Anyer maupun pantai lainnya. Hal ini disebabkan karena dikuatirkan anda tersesat dan bingung menentukan jalan pulang. Di sepanjang pantai tanjung benoa tersedia puluhan operator yang saling berdekatan. Makanya anda harus didampingi oleh team dari pengelola watersport. Apalagi, kondisi Benoa merupakan terbuka dan bersebelahan dengan banyak pantai. Jika pantai ini tersembunyi, mungkin kebijakannya lain.
  • Pastikan membawa uang yang cukup karena beberapa permainan air dikenakan tarif yang cukup mahal. Misalnya yang terkait dengan penyelaman.
  • Persiapkan juga bekal terutama minuman. Bermain watersport sangat menguras tenaga dan keringat, sehingga potensi mengalami dehidrasi dapat saja terjadi pada wisatawan.
  • Siapkan kamera untuk mengabadikan moment aksi-aksimu di pantai.

Demikianlah beberapa hal yang harus anda persiapkan dan perhatikan sebelum melakukan kegiatan watersport di pantai.

 

Persiapan Sebelum Melakukan Watersport

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: