3 Air Terjun di Lombok: Sendang Gile, Tiu Kelep, Batara Lejang

Keindahan ketiga air terjun yaitu Sendang Gile, Tiu Kelep dan Batara Lejeng sangat memukau wisatawan yang berkunjung ke pulau Lombok. Memang, namanya belum setenar obyek wisata pantai seperti Senggigi dan Bangko-bangko karena belum banyak yang mengunjungi. Mungkin, alasannya adalah akses maupun sarana akomodasi yang belum tersedia. Air terjun indah yang menjadi andalan wisata pulau Lombok di masa mendatang ini, berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, tepatnya di desa Senaru sekitar 60 kilometer dari kota Mataram.

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Dari ketiganya, saat ini baru air terjun Sendang Gile yang cukup dikenal masyarakat. Ketinggiannya mencapai 31 meter dengan pancaran air yang cukup deras dan menghasilkan embun dingin yang menerpa kulit dengan lembut. Keindahannya mampu membuat decak kagum wisatawan. Tempat ini konon ditemukan secara tidak sengaja oleh warga saat mencari seekor singa gila yang telah memporakporandakan kampung setempat. Dari cerita inilah namanya diambil, yaitu dalam bahasa daerah Lombok untuk “senggang= singa” dan “gile= gila”.

Rute

Jika anda tertarik mengunjungi air terjun Sendang Gile, ada dua rute yang cukup menarik. Yaitu rute pusuk, yang melintasi daerah pegunungan dan persawahan. Jalur posuk lebih cepat jika dari kota Mataram Lombok dan anda akan menemukan banyak monyet berkeliaran saat melintasi puncak bukit. Sedangkan jalur kedua dan populer adalah melalui kawasan pantai Senggigi.

Rute ini sangat disukai karena sebelum sampai di lokasi air terjun Sendang Gile, maka anda disuguhi pemandangan pantai-pantai menarik seperti Batu Bolong, Kerandangan dan Malimbu. Bahkan perjalanan melalui pesisir ini juga dapat melihat tiga gili terkenalnya Lombok (Gili Trawangan, Meno dan Air).

Kegiatan Wisata

Setelah tiba di gerbang masuk kawasan air terjun, anda akan menuruni 300 lebih anak tangga yang cukup terjal. Dan jika sudah sampai di bawah, biasanya wisatawan akan berenang di sungai yang mengalir di bawah Sendang Gile. Dinginnya air seolah tidak terasa, apalagi sebelumnya anda lelah menuruni tangga.

Setelah puas berenang, biasanya wisatawan berfoto dengan mencari sudut yang tepat agar mendapatkan efek pelangi. Kondisi kabut air yang tercipta di Sendang Gile ini sangat memungkinkan untuk melihat pelangi di atas air terjun.

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Ketinggian obyek ini mencapai 42 meter. Lokasinya juga dekat dengan Sendang Gile. Yang menjadi daya tarik dari salah satu air terjun di Lombok yang tertinggi ini adalah mitos yang beredar. Barangsiapa yang mandi atau mencuci muka di Tiu Kelep, maka akan awet muda. Walau sekedar mitos, tetapi cukup banyak wisatawan dan masyarakat lokal yang melakukan ritual tersebut.

Posisi Tiu Kelep berada di tengah-tengah dari ketiga air terjun. Di atasnya masih ada Batara Lejang. Menuju tempat ini perjalananya cukup berbahaya karena jalan yang berlumut, Selain itu, anda perlu melintasi hutan yang cukup lebat seperti saat mengunjungi Curup Maung. Tetapi tidak membutuhkan waktu lama, cukup 15-20 menit saja.

Setelah tiba di tempat ini, maka anda akan terpukau karena ada pelangi yang seolah menyambut kedatangan anda. Jika anda penggemar fotografi, “berburu” pelangi paling tepat di air terjun Tiu Kelep. Sesuai namanya yang merupakan bahasa daerah Sasak, yaitu “tiu= air” sedangkan “kelep= terbang”. Di tempat wisata ini, masyarakat melihat air beterbangan (embun) yang sangat memungkinkan terjadinya pelangi saat cuaca terang. Berenang juga merupakan kegiatan mengasyikkan di air terjun yang dingin ini.

Air Terjun Batara Lejang

Air Terjun Batara Lejang

Obyek ini adalah yang paling jarang dikunjungi wisatawan. Padahal keindahannya tidak kalah. Bahkan air terjun Batara Lejang ini lebih lebar dengan debit yang besar, yang merupakan saluran pertama dari Segara Anakan yang ada di puncak gunung Rinjani Lombok.

Dan yang menarik adalah, di sekitar lokasi terdapat mata air panas yang dapat digunakan sebagai alternatif bagi anda melakukan “sauna” di alam. Anda bebas berpindah-pindah berenang di air dingin di bawah Batara Lejang lalu berendam di kolam air panas yang ada di dekatnya. Untuk berendam di pemandian air panas ini, jangan terlalu dekat dengan sumber air karena dapat membuat kulit kita melepuh.

Demikianlah ulasan tentang tiga destinasi wisata air terjun yang menarik yang dapat dikunjungi wisatawan saat berlibur ke pulau Lombok. ketiganya sangat layak dan menawarkan pesona alam yang masih asli (natural) dan jarang dikunjungi. Anda ingin menyendiri? Tempat ini rasanya pantas untuk anda!

 

3 Air Terjun di Lombok: Sendang Gile, Tiu Kelep, Batara Lejang

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: