Jenis dan Pengertian Akomodasi Pariwisata

Akomodasi merupakan salah satu unsur penting bagi wisatawan, selain obyek wisata yang menjadi  tujuan utamanya. Akomodasi merupakan sarana pokok kepariwisataan, karena akomodasi tidak dapat dipisahkan dengan industri pariwisata. Secara umum pengertian akomodasi adalah sesuatu yang disediakan untuk memenuhi sesuatu kebutuhan atau keinginan dengan kenyamanan.

Pengertian Akomodasi Pariwisata

Pengertian Akomodasi Pariwisata

Pengertian Akomodasi Pariwisata adalah segala sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan seseorang saat berwisata. Misalnya tempat menginap atau tempat tinggal sementara bagi orang yang berwisata.

Akomodasi dalam dunia pariwisata merupakan segala hal yang disediakan oleh pihak penyedia jasa untuk kegiatan pariwisata baik dalam penyediaan bangunan untuk penginapan, tempat makan, tempat hiburan dan fasilitas lain yang dikelola secara komersial. Perkembangan usaha kepariwisataan dipengaruhi oleh ketersediaannya usaha akomodasi dan transportasi yang memadai dan sebaliknya.

Jenis Akomodasi Pariwisata

Jenis Akomodasi pariwisata mengacu pada dua komponen yang tidak terpisahkan. yaitu adanya penawaran dan permintaan. Dengan kata lain, hal ini memperlihatkan bahwa kebutuhan akan akomodasi pariwisata mengacu pada siapa yang melayani kebutuhan wisatawan atau konsumen jasa pariwisata.

Setidaknya ada 4 kategori atau jenis akomodasi wisata, antara lain:

1. Akomodasi jasa (service accommodation), merupakan akomodasi berbentuk jasa termasuk hotel, apartemen, dan guest house.

Akomodasi jasa, segala hal yang paling banyak berhubungan dengan jasa masuk pada kategori ini. Hotel merupakan salah satu contoh akomodasi jasa. Dimulai dari proses reservasi, check-in (proses pendaftaraan tamu) sampai proses check-out (sampai tamu selesai menginap). Hampir sebagian besar kebutuhannya disediakan oleh pihak hotel, baik itu kebersihan kamar, menyediakan makanan dan minuman, dan etika pada karyawan hotel berpengaruh besar terhadap kenyamanan tamu pada saat menginap.

2. Akomodasi self-catering (self-catering accommodation), merupakan akomodasi yang mengharuskan para konsumennya untuk menyiapkan makanannya sendiri, seperti kegiatan berkemah (camping), caravans, ruangan yang disewa (rented flats) dan rumah (houses).

Akomodasi self-catering atau disebut dengan melayani diri sendiri berarti segala kebutuhan tamu akan dilakukan oleh tamu tersebut. Pihak penyedia hanya menyiapkan tempat untuk tinggal. Contohnya seperti rumah yang disewakan, dan juga pada kegiatan berkemah. Pada kategori ini tamu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat dan juga biaya kebutuhan selama menggunakan akomodasi selfcatering.

3. House of friends and relatives, dalam hal ini akomodasi tidak membutuhkan biaya karena akomodasi telah disediakan oleh teman, kerabat maupun keluarga di daerah tujuan.

Pengertian dari house of friends relatives adalah rumah teman dan relasi. Ini berarti orang yang menggunakan kategori akomodasi ini tidak mengeluarkan biaya sewa atau biaya tempat. Tetapi sama seperti kategori kedua yaitu menyediakan keperluannya sendiri.

4. Akomodasi lain-lain (other accommodations) termasuk di dalamnya hostels, youth hostels, boats, dan lain-lain.

Kategori dari akomodasi lain (other accomodations) adalah akomodasi yang biaya pengeluarannya tergolong murah dan penggunaannya rata-rata dipakai oleh kalangan muda . Fasilitas yang didapatkan pada kategori akomodasi ini biasanya digunakan bersama oleh para tamu. Seperti, kamar mandi, ruang duduk, tempat menjemur, ruang santai, alat masak, dan dapur. Contoh akomodasi jenis ini seperti hostels dan youth hostels.

Pengertian akomodasi bukan hanya untuk pariwisata saja melainkan bisa memiliki pengertian menurut ilmu sosial yaitu suatu perjanjian antara dua kelompok yang memiliki perbedaan pendapat pada subjek, atau proses dari mencapai suatu kesepakatan. Juga akomodasi dikenal dalam bidang biologi yaitu penyesuaian mata untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang berbeda.

 

Jenis dan Pengertian Akomodasi Pariwisata

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: