Inilah Cara TikTok Menggelapkan Pengguna IOS Dan Cara Menghindarinya

Setelah Meta, TikTok menjadi aplikasi yang diminati oleh peneliti keamanan Felix Krause. Dia adalah pendiri Fastlane, alat open source yang memfasilitasi pengembangan aplikasi di iOS dan Android.

Media sosial hadir dengan banyak tautan eksternal (link). Untuk iklan, tautan ini memberikan akses langsung ke situs pengiklan. Dalam kebanyakan kasus, halaman terbuka langsung di aplikasi.

TikTok Menggelapkan Pengguna IOS

Baca juga: Cara FYP Tiktok

Bagi pengguna, ini menjanjikan pengalaman yang lebih mulus, tetapi bukan tanpa risiko. Karena, menurut Krause, jejaring sosial memanfaatkan kesempatan untuk memulihkan beberapa informasi.

Untuk TikTok, agar dapat menampilkan iklan yang lebih bertarget, TikTok menambahkan sebaris kode JavaScript ke situs yang Anda kunjungi di iOS. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang dilakukan pengguna di internet untuk memperjelas kepada pengiklan produk mana yang telah dilihat atau menarik perhatian mereka.

Facebook, Instagram, dan TikTok semuanya menggunakan metode ini. Menurut Krause, prosesnya berjalan lebih jauh dengan TikTok. Seperti yang dikatakan Krause, TikTok tahu pengguna mana yang mengetik di iPhone mereka.

Felix Krause merinci proses yang digunakan TikTok dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Forbes. Menurutnya, kode yang disematkan di TikTok dapat melacak setiap gerakan yang dilakukan pengguna di web. Termasuk kemampuan untuk mengetahui kata sandi dan mengidentifikasi pengguna.

Ini dilakukan dengan memata-matai apa yang diketik pengguna di keyboard iPhone. Ini seperti memasang keylogger di situs web pihak ketiga, Krause menjelaskan.

“Hanya karena aplikasi menyuntikkan JavaScript ke situs web eksternal tidak berarti aplikasi itu melakukan sesuatu yang berbahaya. Ini adalah pilihan perusahaan, bukan kebetulan,” kata Krause.

Felix Krause mengatakan bahwa begitu sebuah aplikasi memasukkan kode yang dapat melacak pergerakan pengguna, tidak ada bukti bahwa TikTok menggunakannya untuk mengumpulkan data dari servernya atau menjualnya ke pihak ketiga.

Di sisi lain, Facebook mengklaim bahwa jenis agregasi ini bersifat anonim.

TikTok juga mengkonfirmasi ini dengan opsi debugging sederhana.

“Seperti platform lainnya, kami menggunakan browser web tertanam ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Hanya kode Javascript yang dimaksud yang digunakan untuk memecahkan masalah dan memantau kinerja. Anda bisa.” katanya. Juru bicara TikTok Maureen Shanahan., dalam siaran persnya.

Jadi bagaimana pengguna melindungi diri mereka sendiri?

Tips dari Felix Krause untuk melindungi data sensitif pengguna. Misalnya, aplikasi TikTok mengajak pengguna internet untuk tidak membuka link atau tautan selama berada di aplikasi yang bersangkutan.

Misalnya, pengguna dapat mengirim tautan yang diperoleh ke teman melalui DM dan kemudian menyalin dan menempelkannya ke browser eksternal.

Yang terpenting, pengguna harus menghindari membuka tautan langsung di aplikasi Anda. Sebagian besar aplikasi menyediakan kemampuan untuk membuka tautan di browser eksternal.

Dalam hal ini, TikTok tidak mengizinkan pengguna untuk membuka tautan melalui Safari atau Chrome. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda menyalin tautan secara manual dan menempelkannya ke browser Anda.

Pertumbuhan TikTok

September lalu, TikTok mencapai tonggak baru untuk mendapatkan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Butuh waktu lama untuk mencocokkan pengguna aktif Facebook, tetapi pertumbuhan TikTok sangat cepat.

Popularitas aplikasi video pendek milik ByteDance terus meningkat sejak diluncurkan pada September 2016. Menurut TikTok, ada 55 juta pengguna di seluruh dunia pada Januari 2018. Jumlah ini meningkat menjadi lebih dari 273 juta pada Desember 2018 dan 580 juta pada Desember 2019. , 689 juta pengguna per Juli 2020.

Baca juga: Tikmate

Pada September 2021, TikTok mencapai tonggak baru 1 miliar pengguna aktif bulanan. Lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia sekarang masuk ke aplikasi TikTok setiap bulan untuk mendapatkan hiburan, pelajaran, komedi, atau menemukan sesuatu yang baru.

TikTok tumbuh paling pesat selama pandemi Covid-19, dengan lebih dari 2 miliar unduhan pada Agustus 2020. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 3 miliar kali pada September 2021 dan merupakan aplikasi non-Facebook pertama yang mencapai tonggak sejarah ini.

Dengan 1 miliar pengguna aktif, TikTok masih tertinggal dari Facebook dan YouTube dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan.

 

Inilah Cara TikTok Menggelapkan Pengguna IOS Dan Cara Menghindarinya

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.