Wisata The Great Barrier Reef di Queensland

Salah satu daya tarik wisata mancanegara di Australia adalah keindahan “The Great Barrier Reef” yang berupa batu karang memanjang di wilayah Queensland. Konon barisan koral dan terumbu ini adalah satu-satunya mahluk di bumi yang dapat terlihat dari luar angkasa. Hal ini disebabkan area gugusan karang yang sangat panjang, mencapai 2600 kilometer.

The Great Barrier Reef

The Great Barrier Reef di Queensland

Tempat yang sangat menakjubkan ini sangat disukai oleh wisatawan yang hobi snorkeling maupun menyelam menikmati keindahan taman laut yang tercipta di sekitarnya. Karena gugusan karang Great Barrier ini adalah “rumah” bagi jutaan hewan laut, termasuk lumba-lumba bungkuk, penyu dan kadang ditemukan juga paus yang berenang di pantai Queensland ini.

Letak negara bagian Queensland ini ada di bagian timur laut Australia. Dan Great Barrier Reef ini seolah menjadi pagar bagi negara tersebut yang berbatasan dengan wilayah Papua Nugini. Dan salah satu cara menuju obyek wisata terumbu karang ini adalah dengan melalui kota Cairns.

Kebanyakan wisatawan melakukan perjalanan melalui Sydney dan dengan menggunakan direct flight menuju Cairns. Waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan pesawat. Kota ini dipilih karena selain untuk melihat karang penghalang, tempat ini dikenal dengan banyak obyek wisata. Seperti Laguna, peternakan buaya yang sangat besar maupun tempat wisata lainnya.

Perjalanan dari pusat kota menuju Port Douglas sebagai gerbang utama menuju gugusan karang ditempuh sekitar 1 jam. Dari port Douglas anda bisa menggunakan kapal Catamaran (kapal dengan dasar kaca) untuk melihat keindahan Great Barrier Reef.

Sebenarnya dari pelabuhan Cairns juga bisa menuju tempat ini menggunakan beberapa jasa kapal, tetapi kebanyakan pengunjung lebih suka jika menggunakan bis atau mobil menuju Port Douglas karena lebih banyak yang bisa dilihat di sepanjang jalan.

Saran terbaik untuk berkunjung dan melihat keindahan karang penghalang ini adalah sekitar bulan juni hingga agustus karena udaranya cukup “bersahabat” jika ingin menyelam. Great Barrier Reef ini juga memiliki kemiripan dengan gugusan karang yang ada di Raja Ampat. Begitu juga dengan ragam biota yang ada di dalamnya.

 

Wisata The Great Barrier Reef di Queensland

Recommended For You

About the Author: Wisatasiana

Sekedar berbagi kisah perjalanan wisata dan informasi tentang pariwisata secara umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: